Home Berita

KOMANDAN SECAPAAD

Vinaora Nivo Slider


Berita
Secapaad Peringati Upacara 17-san Bulan September 2017 PDF 
Ditulis oleh penhumas   
Rabu, 20 September 2017 15:18

Secapaad Peringati Upacara 17-san Bulan September 2017

Upacara tujuh belasan ini diawali dengan pengibaran bendera merah putih, dilanjutkan pembacaan Pancasila oleh inspektur upacara diikuti oleh seluruh peserta upacara, pembacaan pembukaan UUD 1945, pengucapan Sapta Marga dan pembacaan Panca Prasetia Korpri, kegiatan ucapara yang rutin dilaksanakan tanggal 17 tiap bulan tersebut diikuti oleh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Secapaad.

Dalam amanatnya Komandan Secapaad menyampaikan tentang perkembangan lingkungan strategis yang terjadi saat ini, kita sebagai prajurit dan PNS TNI AD harus tanggap agar tidak tergerus dalam dinamika yang terjadi. Pimpinan kita sudah mengingatkan tentang proxy war, suatu kondisi yang diciptakan oleh pihak ketiga agar dapat memperoleh keuntungan dari konflik yang terjadi dalam suatu negara. Kewajiban sebagai abdi negara adalah merekatkan dan mempererat persatuan dan kesatuan, baik antara TNI dengan masyarakat atau bahkan antar golongan dalam masyarakat, “Tegasnya”.

Di akhir amanatnya ada beberapa atensi dan penekanan dalam pelaksanaan tugas ke depan agar mempedomani prosedur dan program yang telah ditetapkan dengan prinsip menerapkan tugas dengan benar sesuai ketentuan yang berlaku sehingga mengikis budaya “membenarkan yang biasa dikerjakan”, yang dilandasi dengan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi.

 

 

 
Evaluasi Renang Militer Pasis Diktukpa TNI AD TA 2017 PDF 
Ditulis oleh penhumas   
Rabu, 20 September 2017 12:25

Evaluasi Renang Militer Pasis Diktukpa TNI AD TA 2017

Komandan Secapaad, Brigjend TNI Eka Wiharsa didampingi Dirbindikjar Kolonel Inf Slamet Wiyono, Wadan Mensis Letkol Inf Heri Budi P dan Kadep Jas Letkol Inf Supanto meninjau pelaksanaan evaluasi renang militer Pasis Diktukpa TNI AD TA 2017 yang dilaksanaan di kolam renang Tirta Wiradhika, Secapaad (20/09/2017).

Renang Militer merupakan salah satu keterampilan dan ketangkasan jasmani yang harus dimiliki oleh semua prajurit, khususnya bagi Pasis Diktukpa TNI AD. Pelaksanaan renang militer menggunakan baju PDL, helm dan senjata. Kegiatan evaluasi renang militer ini dilaksanakan untuk mengetahui dan menguji kemampuan serta ketangkasan renang militer Hal ini merupakan syarat kelulusan untuk menjadi Perwira, yaitu mampu melaksanakan renang militer dengan jarak 50m.

 

Pada saat meninjau, Dansecapaad memberikan contoh gerakan dan teknik mengambil dan membuang nafas yang benar pada saat melaksanakan renang militer. Dansecapaad juga menekankan bahwa para Pasis dituntut untuk mencapai jarak yang telah ditentukan agar dapat dinyatakan lulus evaluasi renang. Bagi Pasis yang belum lulus dengan jarak yang telah ditentukan, akan diberi bimbingan dan pengasuhan secara mendalam oleh pelatih dari Depjas sampai dinyatakan mampu dan lulus sehingga pada akhir pendidikan para Pasis dinyatakan lulus renang militer dengan jarak 50m secara keseluruhan. (Penhumas Secapaad).

 
Seluruh Organik Menerima Jam Komandan Secapaad PDF 
Ditulis oleh penhumas   
Rabu, 20 September 2017 12:16

 

Seluruh Organik Menerima Jam Komandan Secapaad

 

Komandan Secapaad Brigjen TNI Eka Wiharsa memberikan Jam Komandan kepada seluruh organik Secapaad di gedung Jenderal Soedirman Secapaad, (Selasa, 19/09/17).

Beberapa hal yang disampaikan Dansecapaad, antara lain: perlunya peningkatan pengamanan pangkalan, antisipasi terjadinya kebakaran di Asrama militer, khususnya Asrama Secapaad, pencegahan dan penindakan terhadap penyalahgunaan dan peredaran Narkoba, pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran disiplin serta pencegahan dan penindakan terhadap penyalahgunaan wewenang. Beberapa contoh permasalahan yang terjadi di satuan lain hendaknya dapat diambil sebagai pelajaran berharga agar tidak terjadi di Secapaad.

Selain beberapa hal di atas, Dansecapaad juga menekankan tentang pentingnya meminimalisir kemungkinan terjadinya gesekan antar anggota TNI, antara anggota TNI dan Polri maupun anggota TNI dan masyarakat. Hal tersebut dapat dihindari apabila masing-masing individu prajurit tidak memunculkan sikap arogan sebagai anggota TNI. Terkait adanya Geng Motor, prajurit diperintahkan untuk meningkatkan kepedulian dan meningkatkan kewaspadaan serta aktif berkoordinasi dengan Kepolisian guna mengantisipasi terjadinya korban yang tidak semestinya. Termasuk adanya himbauan untuk tertib berlalu lintas, hendaknya setiap anggota Secapaad mengindahkan aturan yang ada sehingga tidak menjadi bagian yang melanggar, khususnya dengan diberlakukannya tilang elektronik.

Kebijakan pimpinan TNI AD tentang kemampuan prajurit yang harus berdisiplin, jago perang, jago tembak, jago beladiri dan memiliki fisik yang prima harus dapat diaplikasikan dengan pelaksanaan latihan yang optimal. Tetap perhatikan faktor keamanan dan keselamatan selama latihan. Prajurit yang melaksanakan latihan dengan baik dengan diiringi pola makan yang sehat meminimalisir kemungkinan terserang penyakit berbahaya, baik serangan jantung, diabetes dan lain sebagainya. Pimpinan sudah memperhatikan kesejahteraan prajurit melalui pemberian cuti, fasilitas rumah dinas dan lain-lain. Laksanakan cuti sesuai ketentuan serta rawat perumahan yang ditempati sebagaimanan mestinya.

Dalam pelaksanaan tugas Secapaad, perlu dilaksanakan evaluasi secara terus menerus agar dapat meningkatkan kualitas lulusan Perwira yang berkualitas, termasuk di dalamnya penelitian dan pengembangan agar dapat mendukung tugas yang diemban. Apabila setiap bagian bersinergi, maka penerapan bimbingan dan pengasuhan juga dapat berjalan optimal.

Diakhir pengarahannya, Komandan  mengingatkan bahwa bahaya laten komunis masih ada. Setiap prajurit harus mewaspadai agar sejarah kelam bangsa Indonesia tentang kebiadaban Komunis tidak terulang. (Penhumassecapaad)

 
Tradisi Pengibaran Bendera Chandra Dimuka PDF 
Ditulis oleh penhumas   
Rabu, 06 September 2017 17:33


Tradisi Pengibaran Bendera Chandra Dimuka

Di atas ketinggian Benteng pasir Malang, Cikidang para Perwira Siswa melaksanakan upacara tradisi pengibaran bendera Chandra Dimuka setelah sebelumnya dilaksanakan upacara pembukaan pendidikan. (Senin, 04/09/2017).

Tradisi pengibaran bendera Chandra Dimuka ini digelar dengan tujuan untuk membangkitkan rasa kebanggaan dan kecintaan terhadap almamater sekaligus meletakkan landasan niat dan semangat yang kuat menuju perubahan menjadi perwira sejati. Dalam amanatnya, Komandan Secapaad Brigjen TNI Eka Wiharsa menyampaikan bahwa acara tradisi yang dilakukan mempunyai makna agar Pasis memahami secara filosofis tentang perjuangan para pahlawan dalam membela tanah air, sehingga para Pasis dapat mengambil manfaat nilai-nilai batiniah untuk memperkuat keteguhan dan keyakinan dalam membentuk jati diri perwira yang berBudi Bhakti Wira Utama.

Tradisi pengibaran bendera Chandra Dimuka ditandai dengan pemberian senjata dari Komandan Secapaad kepada perwakilan Pasis. Hadir dalam upacara tersebut wakil komandan Secapaad Kolonel Inf Heri Sapari beserta para Pamen Ahli, para Direktur, Danmensis dan pejabat Distribusi serta para Pembina dan Pelatih. Pelaksanaan upacara berjalan tertib dan lancar. (Penhumas Secapaad).

 

 

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
secapaad.mil.id, Powered by Infolahta