Home Berita

KOMANDAN SECAPAAD

Vinaora Nivo Slider


Berita
JAM KOMANDAN KEPADA PASIS GELOMBANG II PDF 
Ditulis oleh penhumas   
Selasa, 16 May 2017 06:30

 

JAM KOMANDAN KEPADA PASIS GELOMBANG II


Setelah resmi membuka Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AD Gelombang II TA 2017, Komandan Secapaad Brigjen TNI Eka Wiharsa memberikan pembekalan kepada 380 Pasis Diktukpa TNI AD Gelombang II di Gedung Jenderal Soedirman Secapaad, Jum’at (12/05/17).

Dalam pembekalan Komandan Secapaad menyampaikan bahwa berbagai upaya telah dilakukan oleh Pasis untuk mengikuti pendidikan pembentukan Perwira di lembaga ini. Tidak ada Pasis yang diistimewakan, semua sama perlakuannya dalam mengikuti pendidikan. Siapkan fisik dan mental untuk berbuat, berfikir dan bertindak yang terbaik agar dapat menyelesaikan pendidikan selama 7 bulan dengan hasil memuaskan.

Harapan Komandan, dari 380 Pasis jangan ada yang bikin pelanggaran sehingga dapat mengakibatkan gagal pendidikan. Di tahun ini Pasis Kowad telah menjadi satu asrama dengan Pasis Pria. Pedomani peraturan khusus Perwira Siswa (Perkhusus). Di lembaga ini tidak ada perbedaan kurikulum antara Pasis Kowad dengan Pasis Pria. Laksanakan semua ketentuan yang berlaku. Semua kegiatan yang dilaksanakan dalam lembaga pendidikan ini semuanya untuk kepentingan Pasis dan bukan penyiksaan.

Tujuan pendidikan untuk membentuk calon Perwira TNI AD yang memiliki sikap perilaku sebagai prajurit Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar golongan Perwira serta kondisi jasmani yang samapta. Di sini Pasis dididik, digembleng, dilatih dan diuji secara keras untuk menjadi Perwira Handal. Tidak ada pengurangan hak Pasis dan tidak ada kolusi dan gratifikasi.

Komandan juga menyampaikan apabila saat ijin bermalam/pesiar, tujuan harus jelas dan tidak ada yang membuat pelanggaran. Tunjukkan kepada masyarakat bahwa Pasis tidak arogan, menyakiti dan merugikan rakyat, jaga nama baik Secapaad khususnya TNI.

Diakhir pembekalan Komandan mengucapkan selamat belajar dan berlatih semog Tuhan YME memberikan bimbingan dan perlindungan kepada kita semua. (Penhumas Secapaad)

 

 
DANSECAPAAD MEMBUKA PENDIDIKAN PEMBENTUKAN PERWIRA TNI AD GELOMBANG II TA 2017 PDF 
Ditulis oleh penhumas   
Selasa, 16 May 2017 06:21

DANSECAPAAD MEMBUKA

PENDIDIKAN PEMBENTUKAN PERWIRA TNI AD GELOMBANG II TA 2017

 

Upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AD Gelombang II TA 2017 diikuti 380 Perwira Siswa (Pasis), terdiri dari 363 Pasis Pria dan 17 Pasis Kowad. Upacara diselenggarakan di lapangan Wiradhika Bumi Panorama Secapaad Bandung, Jumat (12/05/2017).

Pada seleksi pendidikan tingkat III/Terpusat kali ini diikuti 477 calon Perwira Siswa yang terdiri dari 459 Pria dan 18 Kowad.

Dalam Upacara Pembukaan Pendidikan, Komandan Secapaad Brigjen TNI Eka Wiharsa bertindak sebagai Inspektur upacara. Upacara Pembukaan Pendidikan ditandai dengan pernyataan resmi dari Komandan Secapaad dan penyematan tanda Perwira Siswa. Pendidikan pembentukan Perwira TNI AD Gelombang II TA 2017 akan dilaksanakan selama 7 (tujuh) bulan di Secapaad, yang dibagi dalam 3 (tiga) taraf yaitu taraf I (pembentukan), taraf II (pengisian) dan taraf III (pemantapan).

Dalam amanatnya Komandan Secapaad menyampaikan bahwa pendidikan gelombang II ini dengan menggunakan metoda CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) seperti gelombang I, yang bertujuan untuk memperoleh hasil didik yang lebih berkualitas dan perubahan yang signifikan guna memperkuat jajaran TNI AD. Diharapkan pendidikan dapat merubah sikap dan perilaku Bintara menjadi Perwira yang handal, sejalan dengan kebijakan pimpinan TNI AD yaitu Prajurit yang disiplin, jago perang, jago tembak, jago beladiri dan mempunyai fisik prima.

Harapan yang disampaikan Komandan Secapaad agar Pasis dapat merubah sikap tingkah laku dan pengetahuan serta keterampilan untuk menjadi seorang Perwira. Komandan Secapaad juga mengharapkan agar para Pasis mengerahkan kemampuan dan segenap pikiran untuk dapat bekerja keras dan bekerjasama, membangun interaksi dan komunikasi antar Pasis dalam menuju kesuksesan dengan berkompetisi secara sehat untuk meraih prestasi terbaik.

Lebih lanjut Komandan Secapaad juga menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani oleh para Perwira Siswa Pertama, laksanakan tugas pendidikan dengan landasan keimanan dan ketaqwaaan kepada Tuhan YME, agar Pasis senantiasa memperoleh kekuatan dan bimbingan-Nya dalam menghadapi berbagai dinamika selama pendidikan. Kedua, siapkan diri untuk menghadapi proses pendidikan pembentukan Perwira sehingga dapat menyerap sebanyak mungkin ilmu pengetahuan, wawasan dan keterampilan untuk mengubah sikap dan perilaku Pasis sehingga layak menjadi seorang Perwira. Ketiga, siapkan mental dan fisik untuk mengikuti pendidikan, tumbuh kembangkan jiwa korsa yang sehat, ciptakan hubungan harmonis dengan Guru Militer, pelatih dan pembina dengan tetap menjaga norma dan martabat sesuai aturan yang berlaku. Keempat, jaga kesehatan selama mengikuti pendidikan dan perhatikan faktor keamanan baik personil maupun materiil dengan mentaati peraturan, disiplin sesuai perkhusis sehingga Pasis dapat menyelesaikan pendidikan serta jangan berbuat pelanggaran yang berakibat fatal yang bisa menyebabkan gagal mengikuti pendidikan serta mencoreng nama baik satuan dan khususnya TNI AD, karena Pasis dikembalikan ke kesatuan asal.

Upacara diakhiri dengan ucapan Komandan Selamat Belajar dan Berlatih kepada seluruh Perwira Siswa. ( Penhumas Secapaad )

 

 
SELEKSI CAPASIS DIKTUKPA TNI AD TA 2017 CRASH PROGRAM PDF 
Ditulis oleh penhumas   
Kamis, 04 May 2017 07:25

SELEKSI CAPASIS DIKTUKPA TNI AD TA 2017 CRASH PROGRAM

 

Calon Perwira Siswa (Capasis) Diktukpa TNI AD TA 2017 Crash Program yang telah datang di Bumi Panorama Secapaad melaksanakan kegiatan seleksi Tk III/Terpusat, Selasa (02/05/2017).

Pelaksanaan seleksi Tk III/Terpusat Diktukpa TNI AD TA 2017 Crash Program yang berada di Secapaad ini, mulai dilaksanakan seleksi di tiap-tiap kompi Capasis. Masing-masing kompi Capasis melaksanakan seleksi sesuai jadwal seleksi. Seleksi Tk III/Terpusat meliputi Seleksi Kesehatan Jiwa, Kesehatan, Kesegaran Jasmani A & B dan Renang Militer 50 m.

Seleksi kesehatan Tk III/ diadakan di kelas Jenderal A. Yani yang diawali dengan pengambilan darah pada pukul 05.00 WIB. Pada pukul 07.00 WIB dilanjutkan pemeriksaan kesehatan meliputi Mata, THT, Gigi, Kulit, Jantung, Kesehatan Jiwa, EKG dan Rongtsen.

Pelaksanakan seleksi kesegaran jasmani bagi Capasis, diawali dengan pengambilan tensi pada pukul 05.30 WIB di GOR Napitupulu. Pada pukul 06.30 WIB dilanjutkan pelaksanaan kesegaran jasmani A dan B di lapangan Krida Wiradhika dan kegiatan renang militer dilaksanakan satu hari setelah pelaksanaan Garjas di kolam Renang Tirta Wiradhika.

Kegiatan pembinaan dan pengasuhan (bimsuh) selalu dilaksanakan apabila tidak ada seleksi atau ada waktu kosong selama pelaksanaan seleksi yang dilakukan di jalan protokol maupun di barak tiap-tiap kompi. Pelaksanaan bimsuh yang diberikan kepada Caspasis, diisi dengan pengenalan-pengenalan Santiaji Secapaad, pemberian lagu-lagu dan penjelasan secara rinci kegiatan sebagai Capasis maupun Pasis nantinya. Kegiatan bimsuh ini dilakukan oleh pembina Resimen Siswa (Mensis).

Jumlah calon perwira siswa yang mengikuti seleksi Tk III/Terpusat Diktukpa TNI AD TA 2017 Crash Program adalah 477 orang yang terdiri 459 orang Pria 18 orang Kowad. (Penhumas Secapaad)

 

 
PERINGATAN ISRA’ MI’RAJ 1438 H PDF 
Ditulis oleh penhumas   
Rabu, 03 May 2017 07:32

PERINGATAN ISRA’ MI’RAJ 1438 H

 

Komandan Secapaad Brigjen TNI Eka Wiharsa dan seluruh organik serta Persit yang beragama islam, menghadiri peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1438 H di masjid Sabillul Iman Secapaad dengan penceramah Bapak Ustad KH. DR. Mochtar Khalid, Rabu (03/05/17).


Dalam sambutannya Komandan Secapaad menyampaikan dengan peringatan Isra Mi’raj ini dapat mempertebal keyakinan kepada Allah SWT, meyakini kebenaran risalah kenabian Muhammad SAW dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.


Komandan Secapaad mengharapkan peringatan Isra’ Mi’raj menjadi momentum motivasi untuk melakukan perubahan dari kesalahan menuju kebenaran, dari jalan gelap menuju terang dan dari keterbelakangan menuju kemajuan. Untuk membangun dan mengembangkan peradaban Islam, maka kita harus memiliki berkomitmen dan dengan kesadaran mencontoh dan meneladani sikap Nabi Muhammad SAW yaitu sabar, tegar, tawakal dan tetap bersyukur kepada Allah SWT.


Tema yang diangkat dalam peringatan Isra’ Mi’raj adalah “Jadikan Hikmah Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1438 H/2017 M Untuk Meningkatkan Keimanan Dan Ketaqwaan, Disiplin, Loyalitas Serta Pengabdian Prajurit Guna Terwujudnya TNI Yang Hebat, Profesional dan Dicintai Rakyat”.


Dengan tema diatas Komandan Secapaad juga menyampaikan bahwa prajurit dan PNS harus mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari agar prajurit dan PNS memiliki kualitas kepribadian dan disiplin yang tinggi dalam setiap pelaksanaan tugas.


Ustad KH. DR. Mochtar Khalid dalam ceramahnya menyampaikan bahwa dalam setiap kehidupan ini tidak lepas dari segala permasalahan. Kunci utama dalam kehidupan beragama adalah nilai agama yang menekan pada pentingnya kasih sayat. Dengan kasih sayang maka diharapkan konflik horizontal yang terjadi dapat dihindari sehingga tidak timbul perpecahan. Selain itu, dalam setiap tindakan dan pekerjaan yang dijalani sesuai profesi, hendaknya dilakukan dengan ikhlas agar menjadi berkah. Kehidupan rumah tangga dan sikap teladan Nabi Muhammada SAW adalah contoh nyata yang dapat diteladani agar kita bisa menjadi pribadi yang baik dan lebih baik.


Percayalah bahwa permasalahan itu datang dari Allah SWT dan akan kembali kepada Allah SWT. Keharmonisan dalam rumah tangga sangat penting bagi kita dengan bentuk kasih sayang sehingga semua menjadi berkah, karena keberkahan datangnya dari kasih sayang. Kita patut meneladani kehidupan rumah tangga Nabi Muhammad SAW yang begitu memberikan rasa kasih sayang dalam keluarga. (Penhumas Secapaad)

 

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
secapaad.mil.id, Powered by Infolahta