Skip to main content

Dalam membantu program pemerintah untuk menekan lonjakan Covid-19 yang melanda dunia khususnya di Indonesia, TNI membantu dan menyiapkan Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) dengan 770 tempat tidur sebagai sarana isolasi yang terpapar Covid-19 di Jakarta.

Selesai melaksanakan peninjauan serbuan vaksinasi dan Pos penyekatan PPKM Darurat di Surabaya dan Sidoarjo Jawa Timur serta Solo Jawa Tengah, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) kesiapan Rumkitlap Mobile Field Hospital setingkat Batalyon yang dibangun Yonkes-1/Divif 1 Kostrad berkapasitas 120 tempat tidur di RSPAD Gatot Soebroto, Jumat (9/7/2021)

Kedatangan Panglima TNI disambut oleh Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Andika Perkasa yang juga langsung memberikan keterangan terkait Rumkitlap yang dibangun oleh Yonkes-1/Divif 1 Kostrad di area RSPAD Gatot Soebroto.

Dalam kesempatan tersebut, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa menjelaskan bahwa Rumkitlap yang ada harus menempel dengan rumah sakit, karena saat ini kasusnya berbeda dengan di Mamuju saat menangani korban gempa bumi. “Saat ini semua rumah sakit kekurangan Dokter, kalau hanya OTG saja mereka hanya bisa isolasi mandiri di rumah masing-masing dan dengan menempelnya Rumkitlap RSPAD Gatot Soebroto, maka sekarang kita punya 60 dokter umum yang bisa dibagi menjadi 3 shift,” jelasnya.

Lebih lanjut Kasad menyampaikan bahwa kemampuan Rumkitlap RSGS memiliki 120 tempat tidur kemudian ruang ICU satu, ruang operasi 1, dekontaminasi, sterilisasi, dapur sendiri dan toilet serta laundry sendiri.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.