Skip to main content

Keberangkatan Prajurit TNI AD untuk Latihan Lightning Forge Bersama U.S. Army di Amerika Serikat

Sebanyak 186 prajurti TNI Angkatan Darat, diberangkatkan ke Honolulu, Hawaii untuk mengikuti Latihan Bersama (Latma) bertajuk Lightning Forge bersama U.S. Army. Prajurit yang diberangkatkan terdiri dari seluruh satuan Kotama di Angkatan Darat.

“Iya baik jadi pasukan yang saya bawa ini jumlahnya adalah 186 orang, mereka berasal dari seluruh satuan Kotama di Angkatan Darat,” ujar Kolonel Inf Agus Widodo, Wakil Komandan Puslatpur Kodiklatad.

Seluruh prajurit tersebut merupakan prajurit terpilih yang sudah melalui proses seleksi dari masing-masing satuan. Sebelum diberangkatkan ke Hawaii, prajurit TNI AD sudah diberikan pembekalan terkait materi latihan yang akan diberikan di Hawaii.

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa memberi pesan agar latihan ini selain untuk bertukar pengetahuan, tapi juga menjadi jalan untuk menambah sahabat dengan interaksi antar prajurit TNI AD dan U.S. Army.

“Saya hanya titip tujuan kita kesana adalah untuk berlatih, dan juga bersahabat, dan saya ingin persahabatan apapun yang rekan-rekan buat disana harus dibawa sampai kapanpun, Harus,” tegas Kasad.

Seluruh prajurit TNI AD yang akan berangkat ke Hawaii juga akan membawa misi untuk memperkenalkan budaya Indonesia, salah satunya angklung, alat musik tradisional asal Jawa Barat. Sebanyak 150 angklung akan dibawa untuk dimainkan bersama dengan prajurit U.S. Army, dan angklung tersebut akan diberikan kepada masing-masing prajurit U.S. Army agar menjadi kenang-kenangan.

“Kami membawa 150 angklung, angklung adalah alat musik asal Jawa Barat, kami akan melakukan pertunjukan disana dengan harapan prajurit U.S. Army dan Divisi Infanteri ke-25 juga bergabung dengan kami dan di akhir pelatihan, kami akan meninggalkan 150 angklung tersebut untuk prajurit Divisi Infanteri ke-25,” jelas Kasad.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.