Skip to main content

Kepala Staf Angkatan Darat Menerima Jajaran Tim Peneliti Uji Klinis Terapi Exosome-MSC RSPAD

Jenderal TNI Andika Perkasa, selaku Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) menerima jajaran Pejabat Utama serta tim peneliti Rumah Sakit Pusat Angkatan Daarat (RSPAD) Gatot Soebroto, di Markasa Besar Angkatan Darat, Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Letnan Jenderal TNI dr. Albertus Budi Sulistya melaporkan serta meminta arahan, terkait penelitian uji klinis Kegunaan dan Keamanan Terapi Exosomes Mesenchymal Stem Cells, exosomes yang diproses dari sel punca mesenkimal.

“Ijin melaporkan berkaitan dengan penelitian Exosomes, bulan Maret 2020 diawali pandemi memang masih belum banyak terjawab berkaitan dengan Covid Bapak,” ucap Kepala RSPAD Gatot Soebroto.

Dari penjelasan tim peneliti, terapi ini bertujuan untuk meredakan hiperinflamasi pada pasien positif Covid-19, dan ini ialah sebuah studi berbasis pelayanan klinis.

Jenderal TNI Andika Perkasa, setelah mendengarkan paparan tahap awal penelitian dari tim peneliti RSPAD Gatot Soebroto, merespons dengan baik serta memberikan dukungan, karena baginya sebuah penelitian ialah terobosan baru untuk menuju yang lebih baik.

“Oke jadi begini Mas, apapun yang di gagas untuk menemukan hal baru saya tuh sangat mendukung itu jiwa saya, bagi saya ini adalah dunia yang harus didukung penuh karena tanpa adanya temuan kita gak akan pernah maju adanya temuan sekecil apapun step itu oh ada efektif ada efektif sedikit tidak apa-apa itu saya karena apa saya akademisi dan itu dunia kita semua disini akademisi pernah melalui itu. tim peneliti itu yang tadi saya tanya yakin, punya harapan dengan penelitian ini itu saja kalau yakin go head maju oke,” ungkap Jenderal TNI Andika Perkasa.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.