Skip to main content

Kepala Staf Angkatan Darat Menghadiri Upacara Penetapan Komcad 2021 Di Pusdiklatpassus

Jenderal TNI Andika Perkasa, Selaku Kepala Staf Angkatan Darat menghadiri upacara penetapan Komponen Cadangan (Komcad) Tahun Anggaran 2021, di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus), Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memimpin upacara Penetapan 3.103 anggota Komcad bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

“dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada hari ini Kamis pada tanggal 7 Oktober tahun 2021, pembentukan komponen cadangan 2021 secara resmi saya nyatakan di tetapkan” ucap Presiden RI.

Komcad Tahun Anggaran 2021 ini berjumlah sebanyak 3.103, yang berasal dari Universitas Pertahanan (Unhan) 604 orang, dan Resimen Induk Kodam (Rindam) Jaya sebanyak 500 orang, Rindam IV/Diponegoro 500 orang, Rindam XII/Tanjungpura 499 orang, Rindam III/Siliwangi 500 orang, serta Rindam V/Brawijaya 500 orang.

Nantinya anggota komponen cadangan hanya digunakan untuk kepentingan pertahanan negara, dan akan dikerahkan hanya dalam keadaan darurat militer, guna memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama.

Upacara penetapan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Juga Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo, serta sejumlah Atase Pertahanan dari beberapa negara sahabat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.