Skip to main content

Tradisi Pengibaran Bendera Chandra Dimuka

Di atas ketinggian Benteng Pasir Malang Cikidang, Lembang Kabupaten Bandung Barat para Capa Diktukpasus TNI AD TA 2021 melaksanakan upacara tradisi pengibaran bendera Chandradimuka setelah sebelumnya dilaksanakan upacara pembukaan pendidikan, selasa (28/09/2021).

Dalam amanatnya Komandan Secapaad Mayjen TNI Ferry Zein menyampaikan acara tradisi yang sekarang calon perwira lakukan mempunyai makna agar Capa mengetahui sejarah perjuangan dan pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa dalam merebut dan mempertahankan NKRI. Para calon perwira juga diharapkan dapat mengambil makna dan nilai kejuangan tersebut selama masa pendidikan dengan menegakkan tekad dan semangat pantang menyerah dalam membentuk jati diri dan karakter calon perwira sebagai prajurit TNI Angkatan Darat yang berBudi Bhakti Wira Utama.

Tradisi pengibaran bendera Chandra Dimuka ini digelar dengan tujuan meletakkan landasan niat dan semangat juang menuju proses perubahan menjadi seorang perwira, yang memiliki kemampuan andal, sehat lahir dan batin serta sebagai upaya membangkitkan rasa kebanggaan dan kecintaan kepada almamater secapaad dalam meraih keberhasilan mengikuti pendidikan pembentukan Perwira TNI AD di lembaga Secapaad.

Tradisi pengibaran bendera Chandradimuka ditandai dengan Pemotongan rambut, penyiraman bunga, pemberian senjata dari Komandan Secapaad kepada perwakilan Capa serta pembacaan ikrar Capa yang di ikuti oleh seluruh para Capa Diktukpasus.

Hadir dalam upacara tersebut wakil komandan Secapaad, Ir Secapaad, para Direktur, Danmensis, para Pamen Ahli, dan pejabat Distribusi serta para Pembina.(penerangan Secapaad)
.
.
.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.